selamat datang

Selasa, 22 Oktober 2013

Pengalaman Saat Lebaran Idul Adha#

Pengalaman Saat Lebaran Idul Adha
Pada liburan kali ini bertepatan pada lebaran Idul Adha, lebaran idul adha pada tahun ini bertepatan pada hari Selasa tanggal 15 Oktober 2013. Kami sekeluarga melakukan shalat Idul Adha di area lapangan EKS MTQ Kendari. Arenya cukup luas dan bisa menampung banyak orang. Gema takbir berkumandang aku baru saja selesai mandi dan berwuduh untuk shalat Idul Adha dan bersiap-siap untuk pergi ke lokasi shalat Idul Adha.
Perjalanan menuju lokasi shalat ied kami tempuh dengan mengunakan kendaraan angkutan umum, kami berangkat sekitar pukul 06.30 pagi karena lokasinya cukup jauh. Walaupun kami berangkat pukul 06.30 pagi kami tetap terlambat sampai ke lokasi shalat ied. Karena terlambat samapi di lokasi shalat ied kami pun mendapat tempat di area jalan raya. Selesai shalat dan mendengarkan khutbah, kami saling bersalam-salaman dan bermaafan, kemudian langsung pulang untuk bermaafan dengan kedua orang tua dan semua keluarga serta tetanggan-tetangga yang ada di sekitar rumah.
Selesai bersilahturahmi di rumah keluarga dan tetangga kamipun pulang ke rumah untuk mempersiapkan makanan khas lebaran berupa ketupat, daging, sup dan kue-kue yang akan disediakan untuk para tamu yang akan datang bersilahturahmi. Tamu-tamu mulai berdatangan dari tentangga-tetangga yang ada di sekitar kompleks rumah maupun keluarga jauh yang berdatangan untuk bersilahturahmi ke rumah, kamipun terlarut dalam suasana Hari Raya layaknya Hari Raya Idul Fitri juga.
Di hari kedua Idul Adha, dilaksanakan penyembelihan hewan qurban oleh panitia qurban, 2 ekor sapi yang dikurbankan kemudian dibagikan kepada tetangga-tetangga yang berhak di lingkungan kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar